-->

Maulid dan Meneladani Rasulullah SAW

Oleh : Puji 

Gegap gempita acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kaum muslimin begitu larut haru dalam memperingati maulid Nabi SAW dengan lantunan bacaan shalawat. Di desa maupun di kota banyak ibu ibu pengajian yang menyelenggarakan acara maulid Nabi SAW dengan harapan bisa mendapatkan syafaat Beliau. Bahkan acara maulid Nabi SAW juga diadakan di sekolah sekolah dengan acara gebyar shalawat dan pengajian akbar. 

Maulid Nabi Muhammad SAW seharusnya menjadi momentum untuk meneladani kepemimpinan Beliau. Rasulullah SAW diutus oleh Allah untuk membawa ajaran Islam dan Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Rasulullah SAW memberikan keteladanan dalam kepemimpinan di lingkungan keluarga, masyarakat juga negara Madinah. Hal ini menegaskan bahwa Muhammad SAW itu sebagai Rasul dan kepala negara yang menjadikan Islam dan Alquran sebagai pedoman hidup manusia. 

Rasulullah SAW mendakwahkan Islam dan Alquran kepada semua umat manusia. Dakwah yang dilakukan Rasulullah SAW itu mulai dari pembinaan, berinteraksi dengan masyarakat, thalabun nusrah hingga berhasil untuk menerapkan Islam kaffah di Madinah. Dakwah yang Beliau lakukan adalah merubah pemikiran jahiliyah menuju pemikiran yang mulia yaitu Islam dan Alquran. 

Rasulullah SAW sebagai pemimpin kaum muslimin bisa menyebarluaskan Islam sampai ke seluruh jazirah Arab hingga mencapai dua pertiga dunia. Rasulullah SAW layak dijadikan teladan dan panutan dalam kehidupan baik sebagai pribadi maupun pemimpin suatu bangsa dan negara. 

Harusnya acara maulid Nabi SAW digelar tidak hanya meneladani Beliau dalam masalah ibadah mahdah yaitu rukun Islam saja. Tetapi acara maulid Nabi SAW itu digunakan sebagai momentum untuk meneladani Rasulullah SAW sebagai nabi dan pemimpin umat dalam suatu bangsa dan negara. Rasulullah SAW menjadikan Islam dan Alquran sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Dengan ini harapannya umat Islam bisa menyadari tentang pentingnya Islam kaffah dan Alquran dalam hidup. Umat Islam akan mengetahui pentingnya Islam dan Alquran untuk diterapkan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai kepala negara di Madinah yang berhasil dengan peradaban mulia bagi umat manusia.