-->

Aborsi Marak, Buah dari Pergaulan Bebas

Oleh : Sartinah

Miris, ditemukan seorang mahasiswa yg sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) membuang bayinya yang sudah membusuk di kantong kresek dibawah pohon pos KKNya, mahasiswa tersebut diduga berinisial Fm di Desa Lauwo, Kecamatan Burau, Lutim, Rabu (25/9) sekitar pukul 11.30 Wita. detik.com 

Aborsi selalu menjadi jalan para pelaku untuk menggugurkan janinnya, tanpa memikirkan segala resiko yang akan terjadi, dimana aborsi adalah pembunuham janin dan memiliki resiko pendarahan, infeksi serta terancamnya nyawa bagi pelaku aborsi, namun dengan segala resiko tersebut tidak membuat pelaku takut untuk melakukan nya dalam menghadapi kehamilan yang tidak diinginkan.

Maraknya kasus aborsi adalah dampak dari pergaulan bebas. Ada banyak faktor yang terkait antaranya adalah rusaknya tata pergaulan, gagalnya sistem pendidikan mencetak generasi yang bertakwa dan berakhlak mulia, sistem sanksi yang tidak menjerakan pelaku, juga tidak adanya kebijakan pemerintah untuk menutup tayang-tayangan yang dapat menjerumuskan kepada pergaulan bebas. Semua adalah buah dari penerapan aturan yang di rancang oleh tangan-tangan manusia yang mustahil sempurna.

Kehamilan yang tidak diinginkan bisa dicegah dengan meniadakan pergaulan bebas ditengah masyarakat. Menutup semua celah melalui berbagai aspek, diantaranya menerapkan sistem pergaulan yang mengatur interaksi laki-laki dan perempuan baik dalam kehidupan sosial atau privat. Menerapkan kurikulum pendidikan tidak hanya berpacu pada pengetahuan tapi juga menumbuhkan ketaqwaan pada setiap individu sehingga dalam kehidupan sehari-hari nya mereka berbuat sesuai dengan tuntutan agama. Tak hanya cukup dengan individu - individu yang bertakwa tapi juga dengan adanya kontrol sosial di antara masyarakat yakni saling menasehati dalam kebaikan dan ketakwaan juga menyelisihi terhadap segala bentuk kemaksiatan yang terjadi di sekitarnya dan tentu hal tersebut dilakukan dengan cara yg baik. Dan tak kalah penting ialah diterapkan nya sistem sanksi yang tegas dan memiliki efek jera bagi pelaku aborsi dengan efek jera itu dapat mencegah para calon-calon pelaku diluar sana.

Untuk menunjang kepribadian dan masyarakat yang bertakwa maka perlu untuk menata media agar apa yang menjadi informasi untuk masyarakat hanyalah hal-hal yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Tentulah dengan segala aturan dan hukum yang selaras dengan hati itu tak akan mungkin lahir dari tangan-tangan manusia yg mustahil sempurna sudahlah pasti dari maha sempurna yakni pencipta pengatur alam semesta Allah Swt.