-->

Berharap Kematian Husnul Khatimah


Oleh : Maulli Azzura

Rentetan kasus dugaan bunuh diri mahasiswa di lingkungan kampus terjadi dalam sebulan terakhir. Teranyar kasus dugaan bunuh diri terjadi di salah satu universitas di Jakarta.
Belum diketahui motif dan alasan korban memilih kawasan kampus untuk mengakhiri hidup. Saat ini kepolisian masih terus menyelidiki kasus-kasus tersebut. (cnnindonesia.com 09/10/2024)

Rasulallah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda :

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {كُنْ فِى الدُّنْيَا كَأنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْعَابِر سَبِيْلٍ وَعُدَّ نَفْسَكَ مِنْ أَهْلِ الْقُبُوْرِ}

Artinya: Dari Ibnu 'Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Jadilah di dunia seperti kamu mengembara atau berjuang di jalan Allah dan anggaplah dirimu (termasuk) dari ahli kubur," (HR Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah).

Tidak ada yang melarang bahwa kita ingin hidup selama-lamanya. Namun ada suatu momen dimana kita semua akan mengalami atau menjumpai kematian. Semua yang hidup pasti menjumpai kematiannya, baik itu hewan, tumbuhan maupun manusia. Banyak manusia baik Muslim maupun nonMuslim pasti juga menjumpai  kematian.

Permasalahannya berapa banyak yang menjumpai kematiannya dalam keadaan yang tidak keren?

Banyak yang menempuh kematiannya dengan jalan yang tidak baik atau kematian yang tidak keren. Misal kondisi tidak beriman atau kafir. Namun sebagai seorang Muslim tentu mengharapkan kematian yang keren.

Islam telah mengajarkan kepada pemeluknya bagaimana cara menempuh kematian yang keren. Dan itu semua yang diharapkan oleh seorang Muslim. Dan kematian yang keren itulah yang harus kita rencanakan dan harus kita cari selagi kita diberi kesempatan hidup di dunia. Misalnya mati saat kita berdakwah, saat membela agama Allah , mati saat kita bersujud, saat berjihad menyampaikan kebenaran, saat melakukan amar ma'ruf nahi munkar, saat sedang menimba ilmu agama, saat datang kemajlis di masjid dan lain-lain Semoga kita semua mendapati kematian kita nanti dalam keadaan husnul khatimah, Aamiin.

Wallahu A'lam Bishowab